Tuesday , December 12 2017
Breaking News
Home - Alat Berat - Limestone

Limestone

Limestone atau Batu Gamping

Limestone Adalah sebuah batuan sedimen yang terdiri dari mineral kalsit dan aragonit, yang merupakan dua varian yang berbeda dari CaCO3 (kalsium karbonat). Sumber utama dari calcite adalah organisme laut.

Limestone / Batugamping / batukapur merupakan salah satu golongan batuan sedimen yang paling banyak jumlahnya. Batugamping itu sendiri terdiri dari batu gamping non-klastik dan batu gamping klastik. Batu gamping non-klastik, merupakan koloni dari binatang laut antara lain dari Coelentrata, Moluska, Protozoa dan Foraminifera atau batugamping ini sering juga disebut batugamping Koral karena penyusun utamanya adalah Koral.

Batugamping Klastik, merupakan hasil rombakan jenis batugamping non-klastik melalui proses erosi oleh air, transportasi, sortasi, dan terakhir sedimentasi. Selama proses tersebut banyak mineral-mineral lain yang terikut yang merupakan pengotor, sehingga sering kita jumpai adanya variasi warna dari batugamping itu sendiri. Seperti warna putih susu, abu-abu muda, abu-abu tua, coklat, merah bahkan hitam.

Manfaat Batu Gamping atau Batu Kapur untuk Bangunan

  1. Bahan Mil. Batu kapur dapat dipergunakan untuk bahan dasar mil, melalui proses pengolahan / penggilingan agar menjadi halus dan dipergunakan untuk proses aci setelah dicampur dengan semen
  1. Untuk Pondasi Bangunan. Bongkahan batu kapur yang besar besar dapat dipergunakan sebagai pondasi bangunan. Bongkahan batu kapur memiliki daya cengkram yang sangat kuat.
  1. Mempercantik dan memperindah Tembok . Bongkahan batu kapur pilihan yang telah dibentuk sedemikian rupa dapat dipergunakan untuk bahan tempelan pada dinding / tembok, baik pada tembok pagar maupun pada tembok ruangan sehingga terlihat cantik dan artistik
  1. Bahan penstabilan jalan raya. Pemakaian kapur dalam bidang pemadatan pondasi jalan raya termasuk rawa yang dilaluinya. Kapur ini berfungsi untuk mengurangi plastisitas, mengurangi penyusutan
  1. Batu gamping keprus sebagai campuran agregat pada lapis pondasi agregat kelas b
    Bertujuan untuk mengkaji kemungkinan pemakaian batugamping keprus sebagai bahan campuran agregat pada lapis pondasi agregat kelas B.
  1. Batugamping sebagai bahan baku semen.

 

About arthaadmin

Check Also

Penataan Lahan/Pembersihan Lahan/Pengerukan Lokasi Bangunan

Don’t act so surprised, Your Highness. You weren’t on any mercy mission this time. Several ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *